Langsung ke konten utama

Mantan Pendukung Bupati Samosir: Kita Gantilah, Setuju?

PANGURURAN, Batak Raya — Para mantan pendukung Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengalihkan dukungan kepada bakal calon bupati Freddy Paulus Situmorang.

Freddy Situmorang menyanyi bersama warga pada HUT ormas KoMPaS, Jumat, di Pangururan. FOTO: JARAR SIAHAAN

Mereka menyampaikan sikap politik dalam acara perayaan HUT ke-3 Komunitas Masyarakat dan Perantau asal Samosir (KoMPaS), Jumat hari ini, 7 Juni 2024, di kompleks Hotel Dainang di Pangururan, Kabupaten Samosir.

Di hadapan sekitar dua ribu warga dari sejumlah kecamatan, Gaja Rumahorbo, tokoh masyarakat dari Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Bupati Vandiko Gultom.

“Waktu pilkada kemarin, saya tim Vandiko. Tapi kulihat tidak ada pembangunan yang merata, tidak ada keadilan,” kata Gaja Rumahorbo. “Samosir ada sembilan kecamatan, memangnya Samosir hanya Onanrunggu?”

Ribuan hadirin, terlebih-lebih kaum ibu, spontan bangkit dari kursinya. Mereka mengacungkan tangan, berteriak, dan bertepuk tangan.

“Saya sudah menjalani beberapa desa, saya lihat tidak pernah mendapat pembangunan dari APBD. Jadi, maksudku, kita gantilah [Bupati Samosir]. Setuju?” kata Gaja Rumahorbo.

Lagi-lagi massa berdiri dan bertepuk tangan: “Setuju!”

Di panggung yang sama, puluhan kaum pria, antara lain aktivis dan pemborong, yang menamai diri Gerakan Transformasi Energi Baru, juga mengungkapkan kekecewaan terhadap Bupati Vandiko.

“Kami adalah perkumpulan para mantan pendukung Bupati Samosir pada pilkada lalu,” kata Hamonangan Simbolon, yang membacakan pernyataan sikap Gerakan Transformasi Energi Baru. “Kami adalah deretan gerbong yang berpindah kepada lokomotif Energi Baru, Freddy Situmorang.”

Hadirin langsung bertepuk tangan dan berteriak, “Ganti bupati! Cukup satu periode!”

“Kami menyadari perjalanan kita mungkin berbeda di awalnya. Namun, dari kekecewaan terhadap pemerintahan yang tidak menepati janji, kami bangkit dan membentuk Gerakan Transformasi Energi Baru. Kini kita berada di jalur yang sama, bersatu dalam tujuan yang mulia: mewujudkan perubahan positif bagi Kabupaten Samosir,” kata Hamonangan Simbolon.

Dia juga mengatakan kolaborasi antara Energi Baru dengan KoMPaS menjadi simbol harapan baru bagi masyarakat Samosir.

“Bersama-sama kita mendukung Freddy Paulus Situmorang sebagai pemimpin yang membawa Samosir menuju masa depan yang lebih cerah, lebih adil, dan lebih sejahtera, juga lebih bermartabat,” kata Hamonangan Simbolon.


Hingga berita ini diterbitkan Batak Raya pada Jumat sore, acara HUT ormas KoMPaS masih berlangsung. Ribuan massa juga belum pulang.

Mantan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, yang kini menjadi bakal calon Gubernur Sumatra Utara, turut hadir. Dia sempat berpidato, menyanyikan beberapa lagu, dan menyumbangkan uang tunai Rp20 juta untuk panitia perayaan ulang tahun KoMPaS. ❑

Postingan populer dari blog ini

Freddy Situmorang dan Andreas Simbolon Sudah Bersiap Mendaftar ke KPU Samosir

Pangururan, BATAK RAYA—Bakal calon Bupati Samosir, Freddy Lamhot Situmorang (berusia 35 tahun), dan bakal calon wakil bupati Andreas Bolivi Simbolon (27 tahun), sudah bersiap untuk mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, guna mengikuti pilkada pada 27 November 2024. Bakal calon Bupati Samosir, Freddy Situmorang (kiri), dan calon wakil bupati Andreas Simbolon. (Foto: tim Energi Baru) Jhony Naibaho , ketua tim pemenangan Freddy-Andreas, pasangan yang memiliki slogan “Energi Baru”, mengatakan segalanya sudah dipersiapkan dengan matang untuk pendaftaran ke kantor KPU Samosir pada Rabu, 28 Agustus 2024. “Yang pertama, tentunya rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Demokrat. Persyaratan lain yang diperlukan untuk pendaftaran juga sudah kami siapkan,” kata Jhony kepada Batak Raya di posko Energi Baru di Pangururan, Senin, 26 Agustus. Menurut sekretaris tim Energi Baru, Jabiat Sagala, pada hari Rabu nanti ribuan orang angg

Verisa Sinaga Terkakak-kakak Ditanya “Nikah karena Kecelakaan?”

Pangururan, BATAK RAYA—Verisa Sinaga, istri Freddy Situmorang, memaklumi suaminya selaku calon Bupati Samosir sudah menjadi “milik publik”, sehingga dia dan Freddy mesti siap dikritik dan ditanyai soal rekam jejak kehidupan mereka. Namun, khusus soal anaknya, yang masih di bawah umur, Verisa menjaga privasi. Verisa Sinaga (berbaju putih) menghadiri perayaan hari ulang tahun beberapa anggota Koalisi Wanita Samosir yang lahir pada bulan September. (Foto: Kita Samosir) Dalam wawancara profil dengan Batak Raya pada 28 September 2024 di Pangururan, perempuan berusia 33 tahun itu menceritakan riwayat hidupnya secara gamblang. Dia menjawab semua pertanyaan dengan santai. Bahkan, berkali-kali dia tertawa terbahak-bahak sewaktu Batak Raya mengajukan pertanyaan pancingan. Verisa Sinaga merupakan anak sulung dari empat bersaudara dengan orang tua yang kehidupan sosial dan ekonominya amat mapan. Di rumah orang tuanya di Bekasi, segala urusan rumah tangga, dari memasak hingga menyetrika baju, dik

Jika Freddy Situmorang Jadi Bupati, Rapidin “Menggiring Anggaran” ke Samosir

ADVERTORIAL—Bakal calon Bupati Samosir dari PDIP Freddy Paulus Situmorang akan berpasangan dengan Andreas Bolivi Simbolon. Anggota DPR terpilih Rapidin Simbolon akan membantu Freddy dengan APBN dan APBD Sumut. Regu penggerak pemilih Freddy Situmorang dikukuhkan di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, 14 Juli. (Foto: Energi Baru Samosir) Sudah menjadi rahasia umum, selama ini banyak bupati dan wali kota di Indonesia yang tidak bisa maksimal membangun daerahnya karena kesulitan memperoleh anggaran pembangunan dari APBN. Kepala daerah mesti punya kemampuan melobi kementerian, antara lain melalui pengaruh politik anggota DPR. Inilah salah satu keunggulan Freddy Situmorang, yang punya slogan “energi baru”, dibandingkan kandidat lainnya. Dia sudah mendapat dukungan penuh dari politikus nasional Rapidin Simbolon, anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029, yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatra Utara. Sokongan penuh Rapidin ini dia ucapkan sendiri ketika menghadiri pengukuhan